AutoCAD vs Fusion 360: Software mana yang Sebaiknya Dipelajari pada Tahun 2024?

AutoCAD vs Fusion 360: Software mana yang Sebaiknya Dipelajari pada Tahun 2024?

Fusion 360

Fusion 360 adalah perangkat lunak desain dan manufaktur berbasis awan untuk desain komputer 2D dan 3D. Ini adalah perangkat lunak yang relatif baru yang dikembangkan oleh Autodesk dan resmi diluncurkan sebagai produk komersial pada tahun 2013. Perangkat lunak ini memberikan penggunanya berbagai macam alat dan fitur, mulai dari pemodelan permukaan dan pemodelan parametrik hingga pemodelan jaring.

Perangkat lunak ini paling cocok untuk pemodelan mekanik, simulasi, animasi, Manufaktur Berbantuan Komputer, dan pencetakan 3D. Ini juga dapat digunakan untuk simulasi beban untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana desain Anda akan berperforma, dan bagaimana berat yang berbeda akan memengaruhi desain Anda.

AutoCAD

AutoCAD, produk andalan dari Autodesk, dikembangkan oleh Autodesk pada tahun 1982, utamanya untuk teknik mesin. Sejak saat itu, perangkat lunak ini telah memperluas jangkauannya dan digunakan dalam arsitektur, teknik sipil, teknik elektro, manufaktur, dan bahkan pengembangan permainan video.

Ini adalah perangkat lunak CAD yang digunakan untuk membuat desain realistis dan rencana konstruksi. Sejak penemuannya, perangkat lunak ini telah meluncurkan banyak alat untuk berbagai industri, seperti Civil 3D yang digunakan khususnya oleh insinyur sipil.

AutoCAD bekerja dengan file lokal berbasis jaringan dan tidak bekerja di awan.

 

Perbedaan Kunci Antara AutoCAD dan Fusion 360:

  Fusion 360 AutoCAD
Key features Load Simulation 2D drafting
Animation 3D modelling
CNC Machining Rendering
PCB Layouts Surface and Mesh Modelling
Use in Industry Electronics, Mechanical design, Furniture making, Architecture, Aerospace design, etc. Architecture, Mechanical, Civil, Electrical Engineering, and Manufacturing
Learning Curve Steep learning curve Easy to learn
Price Annual subscription of $495/year (or $60/month). Annual subscription of $1700/year. The software also has a 30-day free trial period.
System Requirements

Available for both Windows and Mac.

Memory Requirements: 8 GB memory (RAM) or more is recommended.
Graphics Card: 4 GB Video RAM or more recommended.
Disk Space: 600 MB disk space.

Available both for Mac and Windows users.

Memory Requirements: 4 GB of RAM
Graphics Card: 4G VRAM or greater; Pixel Shader 3.0 or greater; DirectX-capable workstation class graphics card.
Disk Space: 6 GB free hard disk available.

Baca Juga : Cara Mengatasi Zoom Yang Tiba-Tiba Lambat Di AutoCAD 

AutoCAD v/s Fusion 360

Penggunaan di Industri:

Fusion 360:
– Fusion 360 digunakan dalam berbagai industri termasuk desain elektronik, desain mekanik, pembuatan furnitur, arsitektur, dan desain kedirgantaraan. Ini adalah perangkat lunak bisnis dan digunakan untuk desain generatif, simulasi, manufaktur tambahan, dan bahkan dokumentasi.

AutoCAD:
– AutoCAD digunakan dalam arsitektur, teknik mesin, teknik sipil, teknik listrik, dan manufaktur. Para pengembang telah membuat serangkaian alat khusus industri untuk semua industri yang ditargetkan.

 

UI dan Layout

Fusion 360:
– Di Fusion 360, segalanya diatur dalam jendela-jendela mengambang. Perangkat lunak ini bekerja pada model bebas bentuk dan menggunakan teknologi cloud.

AutoCAD:
– Antarmuka pengguna AutoCAD menyerupai MS Word dengan semua menu di bagian atas. Perangkat lunak ini memiliki baris perintah dibandingkan dengan Fusion 360 yang memiliki menu klik kanan.

 

Layanan Pelanggan dan Komunitas Online

Fusion 360:

  • Fusion 360 memiliki layanan pelanggan yang luar biasa dan komunitas online yang berkembang pesat. Ini juga menyediakan dokumentasi, tutorial video, dan banyak lagi.

AutoCAD:

  • AutoCAD memiliki bagian dukungan dan pembelajaran sendiri. Perangkat lunak ini juga memiliki komunitas online yang berkembang, tetapi informasi yang tersedia lebih sedikit dibandingkan Fusion 360.

Baca Juga : Fungsi CFD Autodesk Dalam Industri Minyak Dan Gas

Archives

Poster Komputer Jakarta