Autocad & Autocad LT

Buy

Membuat Garis Di AutoCAD

Dalam tutorial AutoCAD ini, kita akan membahas perintah LINE untuk pemula. Pelajari cara membuat garis, menentukan panjang garis, dan mengatur arah garis di AutoCAD. Ikuti langkah-langkah yang akan kami bahas untuk menguasai penggunaan perintah LINE ini dengan mudah dan efektif.

Fungsi Perintah LINE

Manfaatkan perintah LINE dalam AutoCAD untuk dengan mudah membuat garis lurus yang diperlukan dalam gambar atau desain Anda. Ini adalah salah satu perintah dasar yang tidak tergantikan dalam penggunaan AutoCAD, memberikan fleksibilitas dan keakuratan dalam proses desain.

Mengaktifkan Perintah LINE

Aktifkan perintah line AutoCAD dengan berbagai cara, seperti melalui Menu Bar, Ribbon Panel / Tool Bar, atau dengan mengetik shortcut LINE langsung dari baris perintah. Temukan cara yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

  • Dari Menu Bar. Aktifkan perintah LINE dalam AutoCAD dengan mudah melalui Menu Bar. Cukup klik menu DRAW, lalu pilih opsi LINE untuk menggambar dengan presisi.
  • Dari Ribbon Panel. Untuk mengaktifkan perintah LINE, Anda hanya perlu mencari dan mengklik ikon LINE di Ribbon Panel atau Tool Bar yang tersedia.
  • Dari Baris Perintah. Aktivasi perintah LINE di AutoCAD sangatlah mudah. Anda dapat dengan cepat mengaktifkannya melalui baris perintah dengan mengetikkan huruf L dan menekan Enter. Dengan begitu, Anda dapat langsung menggunakan perintah LINE dalam waktu singkat.

Baca Juga: Shortcut AutoCAD Beserta Fungsinya

Membuat Garis Pada Aplikasi AutoCAD

Buat garis dengan mudah menggunakan perintah LINE. Aktifkan perintah dan klik titik awal dan akhir garis. Selesai dengan menekan tombol Enter atau Escape. Dengan menentukan titik, Anda dapat membuat satu garis atau lebih yang terhubung secara otomatis. Dengan kemampuan menentukan titik-titik selanjutnya, Anda dapat membuat lebih banyak garis yang terhubung secara sempurna.

Following Prompts

Saat menggunakan perintah LINE, Anda akan diberikan petunjuk atau instruksi untuk mengoperasikannya. Berikut adalah beberapa petunjuk yang muncul saat menggunakan perintah LINE.

  • Specify first point. Setelah mengaktifkan perintah LINE, Anda akan langsung dihadapkan pada perintah lanjutan. Perintah ini meminta Anda untuk menentukan titik awal dari garis yang akan dibuat.
  • Specify next point. Setelah menetapkan titik awal, muncul perintah lanjutan untuk menentukan titik berikutnya. Perintah ini juga tampil setelah menentukan titik-titik selanjutnya dalam proses.
  • Close. Fungsi yang sangat penting dalam AutoCAD adalah opsi penutupan objek yang muncul setelah menentukan tiga titik atau lebih. Opsi ini digunakan untuk menutup objek atau membuat garis yang menghubungkan titik terakhir dengan titik pertama.
  • Undo. Fitur undo ini memberikan kemampuan untuk membatalkan garis terakhir yang telah dibuat dengan mudah dan cepat.

Menentukan Arah dan Panjang Garis

Dengan menggunakan AutoCAD 2012 atau versi yang lebih baru, menentukan arah dan panjang garis menjadi sangat mudah. Setelah menentukan titik awal, Anda hanya perlu menggerakkan kursor ke arah yang diinginkan dan memasukkan panjang garis. Setelah itu, cukup tekan tombol enter, dan garis akan terbentuk sesuai dengan arah dan panjang yang Anda inginkan.

Namun, jika Anda menggunakan AutoCAD Classic, penentuan panjang dan arah garis hanya dapat dilakukan dengan memasukkan koordinat titik-titik garis menggunakan sistem koordinat Absolute, Relative, atau Polar yang tersedia dalam aplikasi AutoCAD.

Baca Juga: Membuat Lingkaran Pada AutoCAD

Tags: #AutoCAD#Desain3D#DesainBangunan#DesainIndustri#DesainInterior#jualautocad#autocaddownload#downloadautocad

Archives

More Information..

12 + 7 =