Cara Membuat Tabel Di AutoCAD Dengan Tepat

Cara Membuat Tabel Di AutoCAD Dengan Benar
    1. Buka AutoCAD dan buka file proyek atau gambar tempat Anda ingin menambahkan tabel.
    2. Pastikan Anda berada dalam mode “Model” daripada mode “Layout”. Mode “Model” memungkinkan Anda membuat dan mengedit objek di ruang kerja 2D atau 3D. Anda dapat memilih mode ini di bagian bawah jendela AutoCAD dengan mengklik ikon yang sesuai.
    3. Pilih opsi “Table” dari menu “Annotate” di bilah menu atau gunakan perintah “TABLE” di bilah perintah AutoCAD. Setelah Anda memilih opsi tersebut, jendela “Insert Table” akan muncul.
    4. Di jendela “Insert Table”, tentukan jumlah kolom dan baris yang diperlukan untuk tabel Anda. Anda dapat memasukkan nilai langsung ke dalam kotak teks untuk menentukan jumlah kolom dan baris, atau Anda dapat menggunakan slider untuk menggesernya. Anda juga dapat memilih opsi “Resize Table” untuk mengubah ukuran tabel setelah dibuat.
    5. Tentukan tata letak tabel yang diinginkan dengan mengatur opsi yang tersedia di jendela “Insert Table”. Opsi yang dapat Anda atur antara lain:
      • “Header Row”: Tentukan apakah tabel akan memiliki kepala (header) atau tidak. Jika Anda memilih opsi ini, baris pertama tabel akan berfungsi sebagai kepala dengan judul kolom.
      • “Title Placement”: Tentukan di mana judul kolom akan ditempatkan dalam tabel. Anda dapat memilih antara “Top” (atas) atau “Bottom” (bawah).
      • “Flow Direction”: Pilih arah aliran data dalam tabel. Pilihan yang tersedia adalah “Right” (ke kanan) atau “Down” (ke bawah).
      • “Gridlines”: Tentukan apakah tabel akan memiliki garis atau tepi di sekitar sel dan kolom.
      • “Table Style”: Anda dapat memilih gaya tabel yang tersedia atau membuat gaya kustom dengan mengklik tombol “New” (baru).
    6. Setelah Anda mengatur opsi tabel, klik tombol “OK” untuk membuat tabel dengan pengaturan yang ditentukan. Setelah tabel dibuat, Anda akan melihatnya muncul di layar AutoCAD.
    7. Untuk mengisi data ke dalam tabel, klik pada sel yang ingin Anda isi dan mulai mengetik. Anda dapat melompat ke sel berikutnya dengan menggunakan tombol “Tab” pada keyboard atau menekan tombol “Enter” untuk melanjutkan ke sel di bawahnya.
    8. Jika Anda ingin mengubah format sel atau mengatur properti lainnya, seperti lebar kolom atau tinggi baris, klik kanan pada tabel dan pilih opsi yang diinginkan. Misalnya, untuk mengubah lebar kolom, klik kanan pada batas kolom yang ingin Anda ubah dan pilih “Column Width” (lebar kolom). Anda juga dapat menggunakan perintah “Properties” dari menu “Table” untuk mengakses pengaturan tabel yang lebih detail.
    9. Jika Anda ingin menambahkan kolom atau baris tambahan, pilih sel di sebelah kolom atau baris yang ingin Anda tambahkan, kemudian klik kanan dan pilih opsi “Insert Column” atau “Insert Row”. Anda juga dapat menggunakan perintah “INSERTCOL” atau “INSERTROW” di bilah perintah AutoCAD.
    10. Setelah Anda selesai membuat dan mengedit tabel, pastikan untuk menyimpan perubahan Anda pada file AutoCAD. Gunakan opsi “Save” atau “Save As” untuk menyimpan file dengan nama yang baru atau dengan nama yang sama.

Baca Juga : Perbedaan Revit dan Tekla: Perangkat Lunak Desain untuk Industri Konstruksi 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat tabel dengan benar di AutoCAD. Pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan properti tabel, seperti tata letak, format, dan pengaturan, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Archives

Jual Server Murah

More Information..

3 + 14 =