Autocad & Autocad LT

Buy

Mengenal Tools Basic AutoCAD dan Fungsinya

 

Untuk memperoleh keahlian dalam menggunakan perangkat lunak AutoCAD, langkah awal yang penting adalah memahami berbagai alat dan fungsinya. Walaupun terlihat sepele, beharga untuk menguasai alat-alat ini karena akan membuat setiap tugas yang dilakukan dengan software ini menjadi lebih mudah.

Bagi pemula yang sedang menjelajahi dan belajar AutoCAD, berikut adalah daftar beberapa alat dasar AutoCAD beserta fungsinya yang perlu diketahui:

Tools Drawing AutoCAD

Tools Drawing dalam AutoCAD Basic adalah kumpulan alat yang digunakan untuk membuat objek dasar dalam desain. Berikut adalah beberapa alat penting dalam Tools Drawing beserta fungsinya:

1. Line (Garis): Alat ini digunakan untuk menggambar garis lurus antara dua titik atau lebih.

2. Circle (Lingkaran): Alat ini digunakan untuk menggambar lingkaran dengan menentukan titik pusat dan jari-jari atau diameter lingkaran.

3. Rectangle (Persegi Panjang): Alat ini digunakan untuk menggambar persegi panjang atau kotak dengan menentukan titik sudut dan panjang lebar.

4. Arc (Busur): Alat ini digunakan untuk menggambar busur dengan menentukan titik pusat, jari-jari, dan sudut.

5. Polyline (Poligaris): Alat ini digunakan untuk menggambar objek dengan banyak segmen garis yang saling terhubung.

6. Hatch (Citra): Alat ini digunakan untuk mengisi area tertutup dengan pola atau warna tertentu.

7. Text (Teks): Alat ini digunakan untuk menambahkan teks pada gambar, seperti tulisan keterangan atau label.

8. Dimension (Dimensi): Alat ini digunakan untuk menambahkan dimensi pada objek, seperti panjang, lebar, atau sudut.

9. Modify (Modifikasi): Alat ini terdiri dari berbagai perintah untuk memodifikasi objek yang sudah ada, seperti memotong, memindahkan, menghapus, atau memutar.

10. Trim (Potong): Alat ini digunakan untuk memotong atau membuang bagian garis yang tumpang tindih dengan objek lain.

11. Extend (Perpanjang): Alat ini digunakan untuk memperpanjang garis agar mencapai objek lain yang berpotongan.

12. Mirror (Pantulan): Alat ini digunakan untuk memantulkan objek secara simetris terhadap sumbu tertentu.

13. Scale (Skala): Alat ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek dengan faktor skala tertentu.

14. Rotate (Memutar): Alat ini digunakan untuk memutar objek terhadap titik pusat atau sumbu tertentu.

15. Offset (Membuat Jarak Paralel): Alat ini digunakan untuk membuat objek yang paralel dengan jarak yang ditentukan.

Dengan mengenal dan menguasai alat-alat dasar AutoCAD ini, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit objek dalam desain Anda. Teruslah berlatih dan eksplorasi kemampuan AutoCAD untuk menjadi lebih terampil dalam menggunakan software ini.

Tools Modify AutoCAD

Tools Modify dalam AutoCAD Basic adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk memodifikasi objek yang sudah ada dalam desain. Berikut adalah beberapa perintah penting dalam Tools Modify beserta fungsinya:

1. Move (Memindahkan): Perintah ini digunakan untuk memindahkan objek ke posisi baru. Anda dapat memilih objek yang ingin dipindahkan dan menentukan titik tujuan baru.

2. Copy (Menggandakan): Perintah Copy digunakan untuk membuat salinan objek yang sudah ada. Dengan menggunakan perintah ini, Anda dapat menggandakan objek ke posisi baru tanpa mengubah objek asli.

3. Rotate (Memutar): Perintah ini memungkinkan Anda untuk memutar objek terhadap titik pusat atau sumbu tertentu. Anda dapat menentukan sudut rotasi dan objek yang ingin diputar.

4. Scale (Skala): Perintah Scale digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek dengan faktor skala tertentu. Anda dapat memilih objek dan menentukan faktor skala yang diinginkan.

5. Mirror (Pantulan): Perintah ini memantulkan objek secara simetris terhadap sumbu tertentu. Anda dapat memilih sumbu pantulan dan objek yang ingin dipantulkan.

6. Stretch (Meregangkan): Perintah Stretch digunakan untuk meregangkan atau memendekkan objek. Anda dapat menarik atau mendorong titik atau segmen objek untuk mengubah panjangnya.

7. Array (Array): Perintah Array digunakan untuk membuat pola objek yang diulang secara beraturan. Anda dapat mengatur jumlah salinan, jarak, dan arah objek yang diarray.

8. Trim (Potong): Perintah Trim digunakan untuk memotong atau membuang bagian garis yang tumpang tindih dengan objek lain. Anda dapat memilih objek pemotong dan objek yang akan dipotong.

9. Extend (Perpanjang): Perintah Extend memperpanjang garis agar mencapai objek lain yang berpotongan. Anda dapat memilih garis yang akan diperpanjang dan objek yang akan menjadi batas perpanjangan.

10. Erase (Hapus): Perintah ini digunakan untuk menghapus objek yang tidak diperlukan. Anda dapat memilih objek yang ingin dihapus dan menghapusnya secara permanen dari desain.

Dengan menggunakan Tools Modify ini, Anda dapat melakukan berbagai modifikasi pada objek yang sudah ada dalam desain AutoCAD Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengedit dan memperbaiki desain dengan lebih fleksibel dan efisien.

Tags: #AutoCAD#Desain3D#DesainBangunan#DesainIndustri#DesainInterior

Archives

More Information..

3 + 2 =