Autocad & Autocad LT

Buy

Menggunakan Perintah Mirror di AutoCAD: Fungsi dan Langkah

Pada Artikel ini kita akan membahas Tutorial Menggunakan Perintah Mirror di AutoCAD: Fungsi dan Langkah-Langkah

Perintah Mirror dalam AutoCAD memiliki makna yang mirip dengan cermin. Seperti namanya, perintah ini digunakan untuk mencerminkan atau membuat objek berkebalikan terhadap garis mirror yang ditentukan.

Perintah Mirror hanya berlaku untuk objek 2D. Untuk memirror objek 3D, digunakan perintah 3D Mirror. Pembahasan mengenai perintah 3D Mirror tersebut akan dilakukan di kesempatan lain.

Mirroring menghasilkan objek yang berkebalikan dengan objek aslinya, seperti cermin datar.

 

Cara Mengaktifkan Perintah Mirror

Terdapat beberapa metode untuk mengaktifkan perintah Mirror. Kita dapat mengaktifkannya melalui Menu Bar, Ribbon Panel, atau melalui Baris Perintah.

 

Dari Menu Bar

Perintah Mirror termasuk dalam kategori Modify di AutoCAD. Untuk mengaksesnya melalui Menu Bar, Anda dapat mengklik menu Modify, lalu pilih perintah Mirror.

Dari Ribbon Panel

Untuk mengaktifkan perintah Mirror dari Ribbon Panel / Tool Bar, caranya cukup cari dan klik icon perintah Mirror icon perintah Mirror, maka perintah Mirror langsung aktif.

Dari Baris Perintah

Untuk memulai perintah Mirror pada baris perintah AutoCAD, Anda dapat menggunakan shortcut Mirror dengan mengetikkan huruf MI dan menekan tombol enter.

 

Cara Menggunakan perintah Mirror

Cara menggunakan perintah Mirror ini sangat mudah, berikut urutan langkah-langkahnya:

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan perintah Mirror pada AutoCAD:

1. Buka program AutoCAD dan buka file yang ingin Anda lakukan mirror.
2. Pilih objek atau objek yang ingin Anda mirror. Anda dapat menggunakan berbagai metode pemilihan, seperti klik objek secara langsung atau menggunakan window selection.
3. Setelah objek dipilih, aktifkan perintah Mirror. Anda dapat melakukannya dengan salah satu cara berikut:
– Ketikkan “MIRROR” pada baris perintah dan tekan Enter.
– Gunakan toolbar Mirror, biasanya terletak di bagian Modify atau Edit.
– Gunakan shortcut keyboard “MI” dan tekan Enter.
4. Setelah perintah Mirror diaktifkan, Anda akan diminta untuk memilih titik pusat mirror. Pilih titik yang sesuai di dalam gambar Anda.
5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih titik pertama pada sumbu mirror. Pilih titik yang merupakan ujung sumbu mirror yang diinginkan.
6. Kemudian, pilih titik kedua pada sumbu mirror. Titik ini akan menentukan arah dan panjang mirror.
7. Setelah Anda memilih titik kedua, AutoCAD akan membuat mirror dari objek yang Anda pilih sebelumnya.
8. Setelah mirror selesai dibuat, perintah Mirror akan tetap aktif sehingga Anda dapat membuat mirror tambahan jika diperlukan.
9. Jika Anda telah selesai membuat mirror, tekan tombol Esc atau pilih tombol “Exit” pada toolbar Mirror untuk keluar dari perintah Mirror.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan perintah Mirror pada AutoCAD untuk menciptakan salinan mirror dari objek yang Anda pilih.

Baca Juga: Kerugian Menggunakan AutoCAD Crack atau ILegal

Following Prompts Perintah Mirror

Ketika menggunakan perintah Mirror, kita akan melihat beberapa petunjuk berikut di baris perintah. Petunjuk ini berguna sebagai panduan dalam menjalankan perintah Mirror.

Berikut adalah penjelasan beberapa following prompts tersebut:

1. Select objects: Pada prompt ini, Anda diminta untuk memilih objek atau objek yang ingin Anda cermin. Anda dapat memilih objek tunggal atau grup objek.

2. Specify first point of mirror line: Setelah memilih objek, prompt ini meminta Anda untuk menentukan titik pertama dari garis cermin. Anda dapat mengklik di titik yang diinginkan atau memasukkan koordinat titik tersebut.

3. Specify second point of mirror line: Setelah menentukan titik pertama, prompt ini meminta Anda untuk menentukan titik kedua dari garis cermin. Anda dapat memilih titik dengan mengklik atau memasukkan koordinat titik tersebut.

4. Specify point about which to mirror: Setelah menentukan garis cermin, prompt ini meminta Anda untuk menentukan titik pusat untuk melakukan cerminan. Objek yang dipilih akan dicerminkan relatif terhadap titik ini.

5. Erase source objects? (Yes/No): Setelah melakukan cerminan, prompt ini muncul untuk meminta konfirmasi apakah Anda ingin menghapus objek sumber atau tidak. Jika Anda memilih “Yes”, objek sumber akan dihapus setelah dicerminkan. Jika Anda memilih “No”, objek sumber tetap ada.

Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk ini, Anda dapat dengan mudah menggunakan perintah Mirror di AutoCAD untuk mencerminkan objek-objek sesuai kebutuhan Anda.

Penutup

Dengan penjelasan di atas, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan perintah Mirror di AutoCAD. Anda telah mempelajari bahwa perintah Mirror memungkinkan Anda untuk mencerminkan objek atau objek grup secara simetris terhadap garis cermin yang ditentukan. Anda telah belajar bagaimana memilih objek, menentukan titik-titik garis cermin, dan mengonfirmasi penghapusan objek sumber setelah dicerminkan.

Dengan menggunakan perintah Mirror ini, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam membuat desain yang simetris atau melakukan perubahan pada objek yang sudah ada. Anda dapat dengan mudah menciptakan salinan cermin dari objek yang ada atau mencerminkan objek-objek baru dengan akurasi yang presisi.

Baca Juga: Membuat Rectangle di AutoCAD

Tags: #AutoCAD#Desain3D#DesainBangunan#DesainIndustri#DesainInterior#jualautocad#autocaddownload#downloadautocad

Archives

More Information..

1 + 10 =