Ubah File DGW AutoCAD Menjadi PDF dan Image pada autocad

ubah File DGW AutoCAD Menjadi PDF dan Image pada autocad

Untuk mengubah file DWG AutoCAD menjadi PDF atau gambar pada AutoCAD, Anda dapat menggunakan fitur built-in atau memanfaatkan perangkat lunak pihak ketiga. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam AutoCAD:

Mengubah DWG menjadi PDF:

  1. Buka AutoCAD dan buka file DWG yang ingin Anda ubah menjadi PDF.
  2. Klik pada menu “File” di pojok kiri atas jendela AutoCAD.
  3. Pilih opsi “Plot” dari menu “File”. Anda juga dapat menggunakan perintah “PLOT” di baris perintah dan jendela “Plot” akan muncul di layar.
  4. Di jendela “Plot”, pastikan Anda memilih “DWG to PDF.pc3” sebagai printer. Jika opsi tersebut tidak tersedia, Anda perlu menambahkannya terlebih dahulu. Klik tombol “Add a Plotter” di bagian atas jendela “Plotter Model” dan ikuti langkah-langkahnya untuk menambahkan printer “DWG to PDF”.
  5. Setelah memilih “DWG to PDF.pc3”, periksa pengaturan lainnya seperti “Paper Size” (Ukuran Kertas), “Plot Area” (Area Plot), “Plot Scale” (Skala Plot), dan “Plot Offset” (Penggeseran Plot) sesuai kebutuhan Anda.
  6. Jika Anda ingin mengubah warna objek dalam file DWG menjadi warna hitam-putih dalam PDF, pastikan opsi “Plot Style Table (pen assignments)” diatur ke “Monochrome.ctb” di bagian “Plot Options”.
  7. Pastikan opsi “Plot to File” dicentang jika Anda ingin menyimpan PDF sebagai file terpisah, bukan langsung mencetaknya.
  8. Klik tombol “OK” untuk memulai proses pencetakan. Jendela “Save As” akan muncul, memungkinkan Anda untuk menyimpan file PDF dengan lokasi dan nama yang diinginkan. Pilih lokasi penyimpanan yang sesuai dan beri nama file dengan ekstensi “.pdf”.
  9. Klik tombol “Save” untuk menyimpan file PDF, dan AutoCAD akan melakukan proses konversi dari DWG ke PDF sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

Baca lainnya: Perbedaan AutoCAD dan Revit Dalam Bidang Konstruksi

Mengubah DWG menjadi gambar (misalnya, JPG, PNG, atau TIFF):

  1. Buka AutoCAD dan buka file DWG yang ingin Anda ubah menjadi gambar.
  2. Klik pada menu “File” di pojok kiri atas jendela AutoCAD.
  3. Pilih opsi “Export” dari menu “File”. Anda juga dapat menggunakan perintah “EXPORT” di baris perintah dan jendela “Export” akan muncul di layar.
  4. Di jendela “Export”, Anda akan melihat daftar “Files of type”. Pilih format gambar yang Anda inginkan, misalnya, “JPEG”, “PNG”, “TIFF”, atau format lain yang tersedia.
  5. Tentukan lokasi dan nama file untuk gambar yang akan dihasilkan. Klik tombol “Browse” atau “Choose” untuk memilih lokasi penyimpanan yang diinginkan dan masukkan nama file.
  6. Jika perlu, Anda dapat mengklik opsi “Options” untuk mengatur pengaturan ekspor yang lebih rinci. Misalnya, Anda dapat mengatur resolusi gambar, skala penggambaran, area yang akan diekspor, dan opsi lainnya sesuai kebutuhan Anda.
  7. Setelah selesai mengatur pengaturan, klik tombol “OK” atau “Save” untuk memulai proses ekspor. AutoCAD akan mulai mengonversi file DWG menjadi gambar sesuai dengan format yang Anda pilih.
  8. Setelah proses ekspor selesai, AutoCAD akan menghasilkan file gambar dengan ekstensi yang sesuai (misalnya, .jpg, .png, .tif). File gambar tersebut akan disimpan di lokasi yang Anda tentukan.

Pastikan untuk memeriksa preferensi dan pengaturan terkait sebelum melakukan ekspor atau pencetakan untuk memastikan hasil yang diinginkan. Perhatikan bahwa tampilan dan opsi menu dapat sedikit berbeda tergantung pada versi AutoCAD yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki fitur ini di AutoCAD Anda, Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan perangkat lunak konversi file DWG ke PDF atau gambar seperti Autodesk TrueView, Autodesk Design Review, atau perangkat lunak pihak ketiga seperti Adobe Acrobat atau aplikasi konversi file online.

Baca Juga: Perbedaan AutoCAD dan Revit Dalam Bidang Rekayasa Sipil

Archives

Jual Server Murah

More Information..

15 + 4 =